Bungin Sapeken, Pulau Pasir yang Muncul Ketika Laut Surut




Tidak banyak daerah yang memiliki pulau berbentuk hamparan pasir putih bersih, yang hanya muncul ketika air laut surut. Uniknya pulau itu justeru berada di tengah-tengah laut yang memiliki kedalaman lebih dari 20 meter, sehingga warna pasir yang putih sangat kontras dengan keberadaan laut biru. Pulau pasir itu barangkali bisa ditemui di beberapa daerah, seperti Belitung Timur, Kepulauan Derawan Kalimantan Timur, Pulau Karimun Jawa, Pasir Timbul Raja Ampat, Gili Kapal Lombok Timur dan salah satunya juga ada di Kepulauan Sapeken, Jawa Timur.

Pulau Pasir Kepulauan Sapeken atau warga setempat menyebutnya Bungin adalah salah satu pulau yang menjadi tujuan wisata bagi pelancong, wisatawan atau penyuka diving. Sebuah pulau kecil dengan hamparan pasir putih seluas lapangan sepak bola. Saat air laut pasang pulau ini akan tenggelam, dan baru nampak kembali saat air laut surut. Batu karang di bawah laut sekelilingnya masih terlihat sangat alami, sehingga membuat para pengunjung yang datang merasa sangat senang, Untuk melengkapi kesenangannya, para pengunjung tak jarang melampiaskan dengan cara berenang sambil menikmati pemandangan alam di sekitarnya, meski sebelumnya mereka tak membawa pakaian ganti.

Untuk menuju lokasi Bungin ini, jika dari dari Pulau Jawa, baik lewat pelabuhan penyeberangan Banyuwangi atau Sumenep membutuhkan waktu cukup lama. Dari pelabuhan Kalianget Sumenep, harus menyeberang ke Pulau Kangean terlebih dahulu, jika menggunakan kapal cepat membutuhkan watu kurang lebih 4,5 jam. Kemudian dilanjutkan perjalanan darat 2 jam dari pelabuhan Batu Guluk Kangean ke pelabuhan Kayuaru-Kangean. Dari Kayuaru naik perahu kecil menuju Pulau Sapeken. Jika berangkat dari Banyuwangi bisa langsung menuju ke Pulau Sapeken dengan lama penyeberangan sekitar 12 jam. Setelah tiba di Pulau Sapeken, bisa menyewa perahu menuju ke Bungin. Karena Bungin ini tak berpenghuni, jadi jarang sekali warga sekitar yang menuju lokasi tersebut. Lokasinya masih sangat alami, bersih dan pastinya indah.

Meski pemandangannya indah memesona, namun hingga saat ini wisata Pulau Pasir dan sejumlah wisata lainnya di Kepulauan Sapeken, belom dikelola secara maksimal sebagai destinasi wisata, baik oleh warga maupun oleh pemerintah setempat.

Bungin Sapeken, Pulau Pasir yang Muncul Ketika Laut Surut