-->

Menikmati Keindahan Biota Laut dan Snorkeling di Pulau Sapeken


Bila Anda melakukan diving di Kepulauan Sapeken, Anda akan banyak menemui ragam ikan, mulai dari ikan badut, ikan macan dan berbagai macam ikan warna-warni yang berkeliaran di sana. Beberapa titik penyelaman punya biota laut yang mengagumkan!



Pulau Sapeken merupakan gugusan kepulauan yang terletak di Madura, Jawa Timur. Untuk menuju Pulau Sapeken Anda harus menumpang kapal dari Pelabuhan Kalianget menuju Kangean. Waktu tempuh perjalanan pun bergantung dengan kapal yang digunakan. Bila menggunakann kapal ekspres (kapal cepat) waktu yang diperlukan adalah selama 4 jam sedangkan bila menggunakan kapal feri waktu yang tempuh lebih lama sekitar 12 jam, setelah itu anda harus menempuh perjalanan laut lagi menggunakan perahu sekira 3-4 jam.

Kepulauan Sapeken sendiri terdiri atas puluhan pulau, di antaranya Pulau Paliat, Pulau Sapeken, Pulau Saebus, Pulau Saur, Pulau Sitabok, Pagerungan dan beberapa pulau lain. Perairan di sekitar Kepulauan Sapeken, teruatama di Pulau Saibus, Saur, Sitabok memiliki pemandangan yang sangat indah. Pantainya yang berpasir putih dengan airnya yang jernih, menggoda siapa saja untuk langsung menyelam.

Selain pantainya indah, pemandangan bawah lautnya juga tak kalah cantiknya. Koral di perairan ini sangat sehat dan berwarna-warni. Beragam jenis ikan hidup menghiasi alam bawah lautnya bahkan ada salah satu spot diving yang dinamakan Ladang Nemo. Dalam spot ini banyak terdapat clawn fish dan anemon. Selain itu, juga ada spot Lion Fish karena banyaknya ikan macan yang hidup di daerah sini. Namun, bila Anda ke sini harus berhati-hati karena ikan yang satu ini beracun.

Akan tetapi, sangat disayangkan keindahan alam ini belum terjaga maksimal. Kurangnya perhatian dan kesadaran warga terbukti dari banyaknya nelayan yang mulai melakukan pengeboman dan menggunakan potasium yang bisa merusak terumbu karang. Jika hal ini terus dibiarkan, maka keindahan alam yang sangat menawan ini akan segera sirna.


Menikmati Keindahan Biota Laut dan Snorkeling di Pulau Sapeken